certify.alexametrics.com
Monday, December 5, 2022
HomeBackpackerGunung Sunda

Gunung Sunda

awasdisini.com – Hallooo Dangerous! Udah lama nih kita ga Backpackeran lagi, rasanya itu Excited banget waktu terjun ke alam lagi. Kali ini yg kami kunjungi adalah “Gunung Sunda“. Baru denger ya Gunung Sunda? atau ga tau sama sekali tentang Gunung Sunda?

Gunung Sunda / Gunung Karang berada tepat di Desa Padaasih, Kec Cisaat Kab. Sukabumi. Mungkin banyak diantara orang luar Cisaat Sukabumi yang belum mengetahui dimana letak gunung ini, atau bahkan orang sekitar Cisaat jarang ada lagi yang berkunjung untuk sekedar jalan-jalan ke tempat ini. Padahal anda yang sering menggunakan Jalur Lingkar Selatan Sukabumi via Cibolang akan langsung melihat gunung ini bertengger dengan Indah dan gagah di sebelah barat jalur.

Foto by Dedi Suhendra
Foto by Dedi Suhendra

Namun Gunung ini terancam lenyap dari Peta Dunia oleh tangan-tangan Kapitalis untuk dieksploitasi menjadi bahan baku pembuatan Semen seperti gunung tetangganya ( ada yang tau nama gunung nya ? ) yang ditunjukkan oleh foto, yang sudah terlihat rusak berat.

Foto by Backpacker Sukabumi

Yang paling mengejutkan adalah Gunung Sunda dikelilingi oleh 7 Kampung dan masing-masing kampung tersebut dialiri mata air satu per satu sesuai jumlah kampung tersebut yaitu 7 kampung berarti 7 mata air yg mengalir.    Menurut Kang Dede Rizal ada banyak cerita/ buah mulut sering diperbincangkan hingga saat ini salah satunya adalah:

  • Gunung Sunda merupkn salah 1 tempat yg pernah disinggahi oleh Prabu Siliwangi, dan ini semua dapat dibuktikan dengan jalan yg menuju Gunung Sunda yaitu di beri nama JL. Siliwangi (Cibatu-Babakan-Cipancur-Ciroyom). Dan arah menuju Kadudampit itu diberi nama Surya Kencana.
  • Tepat di puncak Gunung Sunda begitu banyak cerita yg mengatakan bahwa dipuncak Gn sunda itu terbagi menjadi dua kawasan, yakni kawasan pertama itu di duduki oleh JIN (timur) dan kawasan kedua (barat) oleh Kerjaan Padjajaran. (Itu cerita mitos yang berkembang dari nenek moyang turun temurun hingga saat ini).
  • Terdapat banyak macam-macam batu dengan bentuk dan keanehan yg ber beda-beda, dari mulai Batu Lulumpang (bentuknya seperti lulumpang berikut dengan halu nya), Batu Buruy (bentuknya seperti buruy) yang anehnya pada batu tersebut ada lubang dan diisi air yg sampe kpnpun air tsb tdk prnh habis, batu bilik, batu kasur, dll.ย 
Batu Buruy – Foto by Dedi Suhendra
Batu Buruy – Foto by Dedi Suhendra
Batu Buruy – Foto by Dedi Suhendra
Batu Lulumpang – Foto by Dedi Suhendra

Selain info di atas info, yang kami dapat Gunung sunda adalah salah satu gunung yg diincar pabrik semen skala Nasional untuk dieksploitasi batuannya menjadi bahan baku semen. Gunung sunda juga mempunyai potensi untuk dijadikan tempat wisata dengan spot view pemandangan Gunung Gede dan View Cisaat dan sekitar nya.

View Gunung Gede dan Sekitarnya – Foto by Dedi Suhendra
View Masjid Jalur Cibolang – Foto by Dedi Suhendra
View Masjid Jalur Cibolang dan Sekitarnya – Foto by Dedi Suhendra
View Sawah dan Sekitarnya – Foto by Dedi Suhendra
View Sawah dan Sekitarnya – Foto by Dedi Suhendra
Salah Satu Anggota Backpacker Sukabumi – Foto by Dedi Suhendra
View Citylight – Foto by Dedi Suhendra

Mungkin suatu saat anak cucu kita hanya mengenal Gunung Sunda hanya sebagai sebuah Legenda, seperti adanya batu berbentuk unik yang disebut dengan batu Buruy. MIRIS.
Sumber Info

RELATED ARTICLES

12 COMMENTS

  1. Ieu geuning gunung sunda teh…
    Hoyong amengan kadinya. Nanjak pisan teu Kang? Maklum tos teu kiat nanjak pisan Kang, faktor U tea lah…hehehe
    Upami aya acara ka gunung Sunda, info-info Kang. Siapa tahu pas waktosnya sareng abdi…

    Salam,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Awas Disini

Most Popular

Recent Comments