certify.alexametrics.com

Ikan Cupang Jadi Primadona

Ikan Cupang Jadi Primadona – Pecinta ikan hias Sukabumi sepertinya mulai kembali menunjukkan eksistensinya. Akhir-akhir ini beberapa komunitas ikan hias di Sukabumi mengorbitkan jenis baru dari ikan Cupang atau yang dikenal dengan nama Betta Fish yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah.

BAMBANG SURYANA, Sukabumi

BETTA fish, sepertinya nama itu tidak asing bagi masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi baik bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Pasalnya, ikan cupang identik dengan ukuran yang minimalis namun mempunyai kharisma yang cukup menawan karena warnanya yang cukup mencolok. Jenisnya pun beragam seperti, Wild Betta, Avatar dan Plakat Koi. Aneka jenis ikan cupang itu tidak bisa dipandang sebelah mata lantaran beberapa dari ikan ini memiliki harga yang cukup fantastis.

Pemilik Galery Betta Wonderkid di Kelurahan Cipanengah, kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Irsan Permadi mengatakan, harga ikan cupang hias yang tersedia di kiosnya cukup beragam tapi untuk cupang kontes harganya berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta.

“Kalau yang standar dan beredar di Sukabumi saat ini yaitu Wil Betta harganya sekitar Rp 500 ribu per ekornya,” kata Irsan kepada Radar Sukabumi, Minggu (30/8).

Irsan menjelaskan, jenis lainnya yang harganya lebih tinggi yakni, plakat dan apatar. Harganya bisa mencapai puluhan juta terlebih bagi cupang yang sudah menjadi juara dalam kontes.

“Untuk jenis apatar pernah ada yang mencapai Rp 10 juta. Harganya bisa mahal karena pernah menjuarai kontes Betta. Selain itu, bentuknya pun sangat sempurna jika dilihat dari tulang, bentuk ekor, sirip serta bintik warna mutiaranya,” jelasnya.

Aneka jenis Cupang ini, merupakan persilangan antara cupang sukabumi dan dari luar Jawa. Ia pun kini sedang merawat sekitar 500 ekor cupang yang merupakan persilangan dari beberapa daerah tersebut.

“Diperkirakan tiga bulan lagi ternakan saya sudah siap panen. Sementara untuk indukan yang tersedia hanya 17 ekor saja,” ujarnya.

Ia menuturkan, kendati harga cukup mahal namun cupang jenis baru itu cukup banyak peminatnya. Dalam satu hari, bisa menerima pesanan lebih dari tujuh ekor. Rata-rata konsumennya didominasi pecinta ikan hias untuk ikut kan kontes.

“Yang beli kebanyakan dari komunitas Betta Sukabumi tapi tidak sedikit dari luar Jawa juga. Rata-rata pembelinya pemain kontes ikan juga,” pungkasnya. (*)

Avatar
DRChttps://awasdisini.id/
Danger Ranger Crew

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Advertismentads 300 Ikan Cupang Jadi Primadona

Most Popular

Wisata Penangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng

Ujung Genteng, siapa sih yang tidak tau akan keindahan pantai Ujung Genteng ? Dengan pasir putihnya, terumbu karang dan juga ombak dilautan yang luar...

Rute Lama Menuju Puncak Bukit Sabak

Halo kawan-kawan yang mengagumkan, kali ini kita akan berbagi cerita tentang tempat camp favorit kita nih, nama tempatnya Bukit Sabak atau nama...

Awas! Ada Cakra, kan Di Sukabumi?

Awas! Ada Cakra kan Di Sukabumi? - Tau Cakra Khan? kalo tau, maaf ya, disini DRC bukan mau ngebahas Cakra yang itu...