certify.alexametrics.com

Perjalanan Hidup Seekor Penyu

awasdisiniPenangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng, menjadi tempat para induk penyu bertelur, biasanya seekor penyu betina akan bertelur antara dua sampai delapan tahun sekali. Saat mengujungi tempat Penangakaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng ini, Dangerous bisa mengetahui bagaimana perjalanan hidup  seekor penyu dari mulai bertelur kemudian telurnya menetas, sampai bayi penyu tersebut dilepaskan ke laut kembali.

awasdisini.com - Perjalanan Seekor Penyu
Tampak depan pusat Penangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi

Untuk para Dangerous yang ingin menyaksikan penyu tersebut bertelur, ada beberapa bulan – bulan khusus yang tepat buat Dangerous datengin, biasanya pada bulan Januari sampai Maret penyu tidak akan banyak bertelur, berbeda dengan bulan Juni sampai penghujung bulan Desember akan ada banyak induk penyu yang akan datang untuk bertelur, ucap Mba Fina salah satu petugas Penangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng (25/12/2015).  Penyu tersebut bertelur saat malam hari, jadi untuk para Dangerous yang ingin sekali menyaksikanya , diusahakan  harus sudah stand by di kawasan pantai Penangakaran Pangumbahan, mulai pukul sembilan malam, tetapi  entah pukul berapa penyu tersebut datang untuk bertelur, jadi para Dangerous harus menunggu semalaman suntuk. 

awasdisini.com - Perjalanan Seekor Penyu
Crew DRC sedang menyaksikan masa pengeraman telur penyu, didalam satu lubang tersebut diberi keterangan dan tanggal mengenai masa pengeramanya 

Pak Beben Kisyanto selaku petugas disana bercerita kepada DRC (Danger Ranger Crew),  setelah penyu tersebut bertelur selanjutnya telur penyu tersebut akan memasuki masa pengeraman. Dimana telur penyu tersebut dikubur dalam satu lubang, dalam  satu lubang biasanya hanya boleh diisi oleh satu induk penyu yang sama. Pengeraman telur berkisar antara 45 hari bila cuaca sedang cerah dan 60 hari bila cuaca sedang mendung. Biasanya dari satu induk penyu  bisa bertelur  puluhan  hingga ratusan telur dalam satu malam, namum tidak semua telur penyu menetas dengan selamat ada juga yang tidak menetas menjadi penyu, dikarenakan berbagai faktor, seperti dimangsa oleh predator atau pun adanya kelainan pada telur penyu tersebut.

awasdisini.com - Perjalanan Seekor Penyu
Bayi – bayi penyu yang baru menetas yang disimpan di tempat penangkaran ada puluhan bahkan ratusan bayi yang nantinya akan dilepaskan ke laut lepas.

Setelah penyu tersebut menetas, bayi penyu tersebut akan  diamankan selama satu hari  di tempat penangkaran,  ada ratusan bayi penyu yang baru menetas yang bisa Dangerous liat disana disana, bersama penyu – penyu dewasa pun ada sebagai sampel, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pegunjung. Didalam penangkaran, penyu – penyu tersebut diberi makan dengan pelet ikan, untuk kemudian dilepas kembali, biasanya pelepasan bayi penyu dilakukan setiap hari pada pukul 17.30 sore hari, para pengunjung  bisa menyaksikanya secara langsung pelepasan bayi penyu tersebut.  Ujar Mba Fina salah satu petugas penangkaran penyu pangumbahan (25/12/2015).

awasdisini.com - Perjalanan Seekor Penyu
Crew DRC bersama Beben Kisyanto sebagai petugas penangkaran Penyu Pangumbahan UJung Genteng 

Penyu itu merupakan binatang yang  unik loh, mau tau kenapa? Karena bila seekor penyu bertelur di satu tempat, setelah telur tersebut menetas dan dikembalikan ke laut, tidak boleh ditempat yang berbeda, karena penyu tersebut tidak bisa beradaptasi bisa dilepaskan bukan dikawan sang induk menetas.

Avatar
DRChttps://awasdisini.id/
Danger Ranger Crew

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Advertismentads 300 Perjalanan Hidup Seekor Penyu

Most Popular

Wisata Penangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng

Ujung Genteng, siapa sih yang tidak tau akan keindahan pantai Ujung Genteng ? Dengan pasir putihnya, terumbu karang dan juga ombak dilautan yang luar...

Rute Lama Menuju Puncak Bukit Sabak

Halo kawan-kawan yang mengagumkan, kali ini kita akan berbagi cerita tentang tempat camp favorit kita nih, nama tempatnya Bukit Sabak atau nama lainnya Gunung...

Awas! Ada Cakra, kan Di Sukabumi?

Awas! Ada Cakra kan Di Sukabumi? - Tau Cakra Khan? kalo tau, maaf ya, disini DRC bukan mau ngebahas Cakra yang itu tapi DRC...