Halo kawan-kawan yang mengagumkan, kali ini kita akan berbagi cerita tentang tempat camp favorit kita nih, nama tempatnya Bukit Sabak atau nama lainnya Gunung Suta. Udah pada taukan bukit sabak ? Kalo belum tahu, pemandangan di tempat ini bener-bener luar biasa kerennya loh Dangerous. Tapi ada yang tau ga bukit sabak dimana? Kalau belom pada tau DRCrew kasih tau deh.

Bukit sabak itu adanya di dareah Cimangkok, Sukaralang, Kab. Sukabumi. Akses menuju bukit sabak juga terbilang mudah. Jalur yang biasa DRCrew pake yaitu melalui desa Ciburial. Patokan untuk menuju desa Ciburial kita masuk dari gapura yang berada beberapa meter dari pabrik pembuat kubah mesjid.   Bila dari arah Sukabumi kota, gapura itu berada di sisi kanan jalan. Sedangkan bila dari arah Bandung maka akan berada di sisi kiri jalan Dangerous.   Dari gapura tersebut kalian terus aja jalan sampai nanti menemukan sebuah masjid berwarna putih yang di depan nya terdapat kolam. Air yang ada di kolam depan masjid ini bisa di minum loh. Jadi saran dari kita, setibanya di mesjid ini kalian minum dulu air minum kalian terus isi ulang lagi airnya buat di puncak nanti. Tapi ingat, mentang-mentang bersih jangan sampe mandi disitu ya, hehe.

DRC Persiapan Berangkat
DRC Persiapan Berangkat

Setelah melewati masjid kalian akan memasuki jalanan yang kecil untuk memasuki area kebun jagung. Tapi sebelum kalian masuk ke area kebun jagung, kalian akan terlebbih dahulu melewati sawah dan jalan bebatuan yang hanya beberapa meter. Dari kebun jagung tersebut nanti kalian akan memasuki rumah-rumah penduduk, lalu keluar di jalan bebatuan tempat lalu lalangnya truk pengangkut pasir. Di sepanjang jalan bebatuan tersebut kita di suguhkan dengan pemandangan danau-danau bekas galian pasir, tidak indah sih malah kadang miris. oke lanjut, dari situ kalian cukup ikuti jalur aja sampai mentok di pertigaan, lalu ambil arah kanan yang nantinya kalian akan bertemu jembatan menuju rumah-rumah penduduk.

awasdisni.com - Danau Bekas Galian
Danau Bekas Galian

Nah dari area rumah para penduduk kali ini, kalian cukup berjalan beberapa meter, lalu kalian akan menemukan jalan setapak yang merupakan jalur sesungguhnya lah untuk mencapai puncak sabak yang cukup menguras tenang :). Dari sini kalian tinggal mengikuti jalur aja sampai terlihat pohon-pohon pinus di puncak sana.

awasdisini.com - DRC dan hutan pinus

Tapi jangan khawatir Dangerous, jalurnya cukup landai ko untuk sebuah pemandangan yang Menakjubkan.   Have fun & tetep jaga kebersihan ya 🙂

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here