certify.alexametrics.com

Sensasi Cultural, Desa Adat Ciptagelar dalam ‘Seren Taun’ Ke-648

awasdisini.com – Belum lama ini DRCrew make a trip ke Desa Kasepuhan Ciptagelar loh. Dangerous mungkin udah gak asing dengan nama Ciptagelar? Atau malah samar – samar dengan nama itu?. DRCrew berkunjung pada waktu yang tepat karena Desa Adat Ciptagelar sedang mengadakan acara tahunan saat itu. Ada acara apa di trip DRCrew kali ini?

awasdisini.com - Bupati Purwakara sedang membawa padi
Bupati Purwakara sedang membawa padi
 
Desa Adat Ciptagelar adalah sebuah Desa yang berumur sekitar 648 tahun dengan adat turun temurunnya yang masih khas dengan adat suku sunda, sehingga berkunjung ke Desa Adat Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Untuk dapat menikmati wisata budaya Desa Adat Ciptagelar ini kalian harus melewati perjalanan yang cukup sulit, guys. Tapi, semua itu akan terbayar sesampainya kalian disana karena Desa Adat Ciptagelar akan menyuguhkan kebudayaan yang tak dapat di jumpai di tempat lain.
 
awasdisni.com -
Tepat di tanggal 16 – 18 September 2016 kemarin Desa Adat Ciptagelar merayakan Upacara Adat yang disebut ‘Seren Taun’. Apasih Seren Taun? Seren Taun ini adalah Upacara adat khas Desa Kasepuhan Sunda yang inti acara nya adalah mengangkut padi hasil panen rakyat dari sawah sampai akhirnya di simpan di Leuit (Lumbung Padi). Upacara Seren Taun biasanya diadakan selama 3 hari berturut-turut, dimana 2 hari pertama adalah acara pembuka yang akan menyuguhkan hiburan kebudayaan seperti Wayang Golek, Tarian Adat Sunda, Sinden, dan lainnya. Sedangkan puncak acara Upacara Seren Taun akan di laksanakan pada hari ke-3.
 
awasdisni.com - Sensasi Cultural, Desa Adat Ciptagelar dalam 'Seren Taun' Ke-648
Acara ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat dari suku Sunda saja, Suku selain Sunda pun banyak yang menghadiri acara tahunan Seren Taun ini loh. Pokoknya rame deh guys, udah mah acaranya seru gitu yah, keindahan alamnya bagus, banyak yang gareulis lagi /eh/ banyak orang yang datang maksudnya hehee.
 
Wisata Budaya Desa Adat Ciptagelar ini recommendedbanget dari DRCrew buat para Dangerous. Apalagi buat kalian yang lagi penat sama meja kerja dan hingar bingar suasana Kota /eahh/. Berkunjung ke Ciptagelar bisa jadi pilihan yang tepat untuk sesekali merasakan sensasi budaya di Desa yang masih kental dengan adat istiadatnya, dijamin seru banget deh pokoknya!!
 
awasdisini.com - Sensasi Cultural, Desa Adat Ciptagelar dalam 'Seren Taun' Ke-648
Selanjutnya, mau tau keseruan DRCrew dalam perjalanan menuju Desa Adat Ciptagelar? tunggu artikel berikutnya ya!!!
 
 

Avatar
DRChttps://awasdisini.id/
Danger Ranger Crew

Similar Articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Instagram

Advertismentads 300 Sensasi Cultural, Desa Adat Ciptagelar dalam 'Seren Taun' Ke-648

Most Popular

Wisata Penangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng

Ujung Genteng, siapa sih yang tidak tau akan keindahan pantai Ujung Genteng ? Dengan pasir putihnya, terumbu karang dan juga ombak dilautan yang luar...

Rute Lama Menuju Puncak Bukit Sabak

Halo kawan-kawan yang mengagumkan, kali ini kita akan berbagi cerita tentang tempat camp favorit kita nih, nama tempatnya Bukit Sabak atau nama lainnya Gunung...

Awas! Ada Cakra, kan Di Sukabumi?

Awas! Ada Cakra kan Di Sukabumi? - Tau Cakra Khan? kalo tau, maaf ya, disini DRC bukan mau ngebahas Cakra yang itu tapi DRC...